Jumat, 19 Agustus 2011

Peleburan Empat BUMN Asuransi Perlukan Suatu Kajian Mendalam

JAKARTA - Dirut PT Jamsostek (Persero) Hotbonar Sinaga mengingatkan, proses peleburan empat BUMN Asuransi yaitu PT Jamsostek, PT Taspen, PT Asabri, dan PT Askes bukanlah masalah sederhana. Hal ini pada prinsipnya memerlukan suatu kajian mendalam.
Di Malaysia, Filipina, Thailand, ada Taspennya dan ada pula Jamsosteknya. Jadi, kalau nanti empat BPJS dilebur, saya nggak tahu bagaimana wujud dari peleburan itu. Kita juga harus melihat dampak yang akan timbul, ungkap Hotbonar dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (17/8).
Menurut dia, jika memang harus dilakukan peleburan empat BUMN asuransi tersebut maka juga harus mempertimbangkan persyaratan likuidasi seperti yang diatur dalam UU BUMN Nomor 19 tahun 2003. Kalau BUMN mau dilebur ketentuannya harus ada proses likuidasi. Likuidasi itu tentunya akan merupakan beban bagi perusahaan yang dilebur. Karena harus membayar pesangon untuk seluruh karyawan yang notabene mencapai ribuan jumlahnya, katanya.
Hotbonar menambahkan, sampai saat ini jumlah dana peserta yang dikelola Jamsostek mencapai Rp 109 triliun dari akhir tahun lalu yang sebesar Rp 102 triliun. Sementara dana kelolaan atau total kekayaan yang dikelola Jamsostek mencapai Rp 648 triliun.Menurutnya, saat ini yang diperlukan oleh masyarakat adalah jaminan kesehatan. Bagi masyarakat miskin ini yang terpenting. Karena itu, asuransi kesehatan untuk masyarakat miskin ini harus segera dimulai pada 2014, ujarnya.
Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja Sektor Informal Indonesia (SPINDO) H.Maliki.S.Sos, mengatakan, sulit melakukan transformasi empat BUMN ke dalam satu BPJS. Tidak semudah yang dibayangkan, untuk itu menurut Maliki perlu ada kajian akademis yang mendalam , sehingga benar benar dapat dilaksanakan.
Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Bambang Purwoko menambahkan, pembentukan BPJS baru itu akan menyelesaikan kisruh soal pembentukan BPJS, seperti diamanatkan UU No 40 Tahun 2004 tentang Sistem jaminan Sosial Nasional (SJSN).[ leo-bmb]
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar