Sabtu, 09 April 2011

Warga Pamulang Berhasil Kelola Pasar Swadaya Mandiri

TANGSEL Berkat upaya kerja keras yang dilakukan warga di komplek Pumulang II, RW.013, Benda Timur 14, berhasil mewujudkan aspirasinya, hingga terealisasi pembangunan sebuah pasar. Kondisi pasar di lahan Fasos- Fasum yang sebelumnya kumuh dan terbengkalai.

Bahkan, tak kurang dari 20 tahun lahan tersebut di manfaatkan oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, upaya kerja sama dan inisiatif dari warga dan tokoh masyarakat setempat, akhirnya lahan itu berhasil dibangun sebuah pasar yang jauh lebih nyaman dan layak.

Realisasi pembangunan pasar kecil yang telah berjalan selama satu tahun itu tanpa ada bantuan dari pihak manapun alias murni dari swadaya masyarakat RW.013 Pamulang.Menurut Dede Rohadi, salah seorang pengelola dan sekaligus pengurus pasar, mengatakan tujuan didirikan pasar, utamanya untuk mengacu hal kejujuran dan transparanan antara sesama pengurus dan kemasyarakat setempat. "Kami sebagai pengelola memberikan peluang bagi siapapun yang berminat berdagang di pasar Swadaya Masyarakat Mandiri, sejumlah kios telah tersedia dan siap pakai,’ ujarnya.

Namun, para pedagang harus senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan. Karena, pasar swadaya ini untuk kebersamaan. Pemanfaatan ruang, terutama di kota maju semisalTangerang Selatan ini relatif sedikit. Sehingga pemanfaatan ruang sekecil itu untuk pembuatan pasar swadaya masyarakat di dalam sebuah lahan Pasus-Fasum memang sebuah ide yang patut diacungi jempol. Selain itu juga mampu menambah pendapatan bagi masyarakat setempat. Untuk itu, lahan Fasus-Fasum seyogyanya jangan dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar